KETIKA KOPI SUSU MENJADI “SAMA-SAMA NGERTI”

Umumnya setiap orang sudah pasti pernah merasakan cita rasa dari minuman kopi dan terkadang ada yang memvariasikan kopi dengan cita rasa lebih tinggi yaitu mencampur kopi dengan susu kental. Warga Aceh menyebutkan kopi susu tersebut dengan istilah sanger, bedanya dengan kopi susu biasa hanyalah racikannya saja dimanan sanger memiliki komposisi 3 banding 1 antara kopi dan susu.

Sumber: Google

Sebutan Sanger sangat popular bagi masyarakat Aceh, namun penikmat sanger nyaris tidak ada yang mengetahui mengenai sejarah penamaan sanger untuk kopi susu yang sangat popular tersebut.

Sumber: Google

Minuman sanger mulai terkenal di warung kopi sejak tahun 1990, yang berawal dari keinginan mahasiswa yang berkantong tipis tetapi ingin menikmati minuman dengan cita rasa yang tinggi. Pada masa itu, mahasiswa yang memiliki kantong tipis ingin menikmati kopi dengan racikan susu dan merekapun mencoba untuk kompromi dengan pemilik warung untuk sama-sama ngerti yang bahwasanya mahasiswa memiliki kantong tipis tetapi merekai ngin sesekali meminum kopi pakai susu. Maka dari itu, ungkapan “Sama-sama Ngerti” dijadikan sebagai singkatan “Sanger” dan mulai saat itu para mahasiswa yang sering nongkrong di warkop disaat ingin memesan kopi susu mereka langsung menyebutkan Sanger dan pihak warung kopipun paham dengan istilah tersebut sampai dengan saat ini.

Bagi pengunjung yang ingin ke Aceh jangan lupa untuk mencoba menikmati kenikmatan dari kopi susu Aceh dengan sebutan popular Sanger.

https://travel.kompas.com/read/2013/11/26/1525088/Misteri.Nama.Sanger.di.Warung.Kopi.Aceh

 

 

 

 

Leave a Reply