Visit Aceh Now Yukkkkkkk

Bungong jeumpa… bungong jeumpa… megah di Aceh
Bungong telebeh,,, telebeh,, indah lagoina
Puteh.. kuneng ..mejampu mirah
Keumang siulah cidah that rupa
Lam sinar buleun.. lam sinar buleun.. angen peu ayon
Ru roh mesuson.. mesuson,,, nyang malamala
Mangat that mebei menyo ta thim com
Lepah that harum si bungong jeumpa

 

Ada yang sudah pernah mendengar lirik lagu tersebut?? Sudah kan?? Hmm..bagi yang belum pernah mendengarnya mungkin akan merasa bingung dan tidak mengerti kan?, nah sajak diatas merupakan lagu tradisional Aceh yang berjudul “Bungong Jeumpa”. Ngomong-ngomong bagi teman-teman yang sudah pernah mendengar lagu itu ada yang tau artinya gak? Bagi yang berada di seputaran Aceh pastinya sudah tau dong ya ^^, nah bagaimana dengan teman-teman yang berasal dari luar Aceh?? Penasaran sama artinya? Kurang lebih kalau disimpulkan bahwa Bungong Jeumpa (Bunga Kenanga) merupakan bunga yang sangat indah seindah rembulan di malam hari, dan wanginya pun begitu harum sampai membuat orang yang menciumnya akan terus terkenang baunya..

Hmm.. Lirik lagunya saja sudah indah.. bagaimana dengan daerahnya ya??

****

Nah, jika kita berbicara tentang Aceh maka yang langsung akan terbayang dibenak kita adalah konflik GAM dan Tsunami, bener gak? (wah, banyak yang ngangguk-ngangguk tuh). Yah, tak dapat dipungkiri memang kedua berita spektakuler tersebut cukup membuat ngeri para pelancong yang ingin berwisata ke Aceh. Tapi itu kan doeloe.. sekarang enggak lo‼! J

Aceh kini telah menjadi provinsi yang patut untuk diperhitungkan, mulai dari sumber daya alamnya, keindahan dan nuansa naturalnya hingga keragaman menu kulinernya. Keamanan Aceh juga tidak perlu diragukan lagi, sejak ditandatanganinya perjanjian damai oleh MOU pada 15 Agustus 2005 lalu Aceh kini telah benar-benar aman, dan tidak seperti dulu kini masyarakatnya lebih bebas beraktivitas.

Komunitas masyarakat asli Aceh adalah beragama Islam dan terkenal sangat kental nuansa Islaminya, untuk itu para pengunjung yang ingin bersantap ria tidak perlu merasa khawatir terhadap makanan-makanan yang dijajakan, karena bukan saja lezat tetapi juga HALAL tentunya. Pas sekali bukan jika menu jajanan kuliner yang sangat beragam, lezat dan halal itu melengkapi acara “jalan-jalan” kita??

Penasaran sama makanan-makanan lezat dari Aceh?? Nah berikut liputannya.

  1. Mie Kocok

Hmm…tampilan boleh biasa..tapi rassaaa..luarrrr biasssaaa.. J

Mie yang dibanjiri oleh kuah kaldu ini memiliki rasa yang ennaaakkk banget, perpaduan kuah kaldu, acar bawang dan cincangan dagingnya membuat lidah gak bisa berhenti.

 

 

  1. Gule kameng (gulai kambing)

Waaaww…gede banget kualinya??? Yah, inilah kuali yang lazim dipakai untuk membuat gulai kambing (besar sekali bukan? Kuali ini bisa memuat 1 ekor daging kambing loh!). Campuran rempah-rempahnya benar-benar sedap, dagingnya empuk dan tidak berbau.. hmm.. delicious.

Kari Kambing yang rasanya tu maknyuss

Kari Kambing yang rasanya tu maknyuss

 

3.Kue Timphan

Kemanapun kamu bergerak (selama itu masih kawasan aceh tentunya) kamu akan selalu mendapatkan suguhan yang satu ini. “Timphan” begitulah namanya, terbuat dari tepung ketan, santan dan campuran pisang atau labu yang diberi isi kelapa atau srikaya. Rasanya yang manis dan gurih ini selalu membuat kita terlena untuk terus menyantapnya.

Timphan, penganan khas Aceh

Timphan, penganan khas Aceh

  1. Sate Matang

Nah, siapapun pasti gak akan bisa melupakan kelezatan dari sate ini. Bener-bener ueeennnakk dan pingin lagi-pingin lagi ^^.

Sate Matang

Sate Matang

 

 

  1. Mie Kepiting

Sllluuuuurrrrppp..Maknyus,, dan hmm…J bener-bener udah kehabisan kaka-kata nih,, pokoknya nyummiiii…

Dan masih banyak makanan khas Aceh lainnya yang gak kalah lezat yang sangat perlu untuk dicoba.

Mie Kepiting Aceh

Mie Kepiting Aceh

 

Bagaimana?? Apakah anda tertarik utnuk mencobanya??? Ayo! Visit Aceh Now‼!

 

GLORY TRAVEL ACEH TEAM