Tips Menyelam Bagi Pemula

diving-phuket-5

Menyelam jadi salah satu alternatif liburan yang saat ini cukup digemari. Pesona bawah laut semakin membuat banyak orang ingin menjelajahi dan melihat dari dekat biota-biota laut yang mengesankan. Penasaran ingin mencoba menyelam namun belum berpengalaman? Mantan pembawa acara program perjalanan dan juga penyelam handal, Riyanni Djangkaru, berbagi tips mengenai hal apa saja yang wajib diperhatikan saat menyelam.

Pertama, Safety

Menurut dia, tak jarang para penyelam, khususnya pemula, larut dalam euforia saat menyelam sehingga mengesampingkan masalah keamanan. Keamanan lingkungan, seperti kondisi arus dan hewan-hewan apa saja yang ada di lokasi menyelam harus diperhatikan. Tak lupa keamanan perlengkapan menyelam juga tidak bisa dikesampingkan.

Kedua, awareness terhadap sekeliling

para penyelam harus tetap memperhatikan kondisi lingkungan. Jangan memaksakan menyelam pada lokasi yang memiliki terumbu karang yang padat. Sebab, jika daya apung penyelam belum terlalu baik, kemungkinan besar penyelam menyentuh terumbu karang juga semakin besar. Padahal terumbu karang tidak boleh sembarangan dipegang.

Ketiga, Kedalaman Laut

 Untuk pemula, tidak perlu menyelam sampai lautan terdalam untuk dapat menikmati keindahan aneka biota laut. Sebab, dari kedalaman kurang dari 30 meter, yang menjadi batas maksimal kedalaman penyelam rekreasi, para penyelam sudah dapat menikmati keindahan bawah laut.

Kenyataannya perairan kita kebanyakan bening, jadi matahari bisa sampai dalam, terumbu karang yang cantik itu ada di kedalaman 15 meter itu juga sudah keren banget, jadi kita tidak perlu sampe kedalaman 30 meter.

Yang terakhir, bertanyalah pada instrukstur

Cari tahu rekomendasi apa yang paling baik untuk pengalaman menyelam Anda. Usahakan untuk memilih agen wisata selam yang terpercaya. Jangan pernah malas untuk mengecek hal-hal yang berhubungan dengan keselamatan saat menyelam. Tanyakan pada instruktur dan pihak wisata selam, setelahnya lakukan sendiri pengecekan keselamatan sekali lagi.

Sumber : Kompas travel

Paket Wisata Tour Sabang