Resep Cara Membuat Ayam Tangkap Khas Aceh

Kuliner Aceh juga sangat terkenal di kalangan traveler selain tempat tempat wisata yang mengagumkan di Aceh. Banyak Kuliner Aceh yang sangat menarik bagi wisatawan yaitu Kari Kambing Aceh, Mie Kepiting Aceh, Kuah Pliek U, Ikan Keumamah dan Ayam Tangkap. Kuliner Aceh Ayam Tangkap merupakan salah satu yang membuat penasaran wisatawan, karena mereka ingin mengetahui bagaimana kuliner Aceh yang bernama ayam tangkap tersebut. Nah Traveler semua, Kami bagi resep masak ayam tangkap untuk anda semua.

Ayam Tangkap merupakan salah satu kuliner masakan khas dari daerah Aceh, dan menurut kabar yang beredar kebiasaan dari menyantap hidangan masakan Ayam Tangkap sudah menjadi budaya masyarakat Aceh semenjak nenek moyang. Dalam pembuatan Ayam Tangkap ini terbilang cukup mudah, dengan bahan- bahan dasar serta di padukan juga oleh bumbu- bumbu alami akan menimbulkan aroma masakan ini menjadi sangat istimewa. Nah buat Anda yang rindu kuliner Aceh silahkan mencoba Ayam Tangkap Khas Aceh Resep Cara Membuat Ayam Tangkap Khas Aceh

Ayam Tangkap Aceh
Ayam Tangkap Aceh

Ayam Tangkap merupakan solusi yang tepat bila keluarga anda sedang kurang nafsu makan karena masakan yang tidak variasi. Ayam Tangkap sangatlah cocok bila disajikan dengan nasi hangat dan ditemani dengan minuman dingin seperti es jeruk atau es timun maupun es pepaya dicampur dengan cincau. Berikut silahkan simak tentang langkah- langkah dan Cara Membuat Ayam Tangkap sebagai berikut ini :

Bahan Ayam Tangkap Khas Aceh :

1 ekor ayam (sebaiknya ayam kampung)

8 tangkai daun salam koja (temurui)

4 lembar daun pandan, iris kasar

1 liter minyak goreng

1 cangkir air matang

2 buah cabai hijau

Bumbu Ayam Tangkap Khas Aceh :

6 siung bawang putih (3 siung dirajang, 3 siung dihaluskan)

5 buah cabe rawit

3 buah bawang merah

1 ruas ibu jari (2 cm) kunyit 1 ruas ibu jari (2 cm) jahe

1 sdt garam Air asam jawa, secukupnya

Cara Membuat Ayam Tangkap Khas Aceh :

1. Potong ayam menjadi 24-30 potongan kecil, kemudian cuci bersih. Bila perlu, remas-remas dengan air perasan jeruk nipis.

2. Haluskan semua bumbu, campur dengan 200 ml air matang.

3. Masukkan potongan ayam ke dalam bumbu, dan rendam selama 10 menit.

4. Panaskan minyak di wajan besar sampai benar-benar mendidih. Goreng ayam sampai kecokelatan.

5. Semua ayam harus tenggelam dalam minyak dan jangan sampai terlalu berhimpitan satu sama lain.

6. Untuk hasil terbaik, gunakan wajan yang besar, dengan 2 liter minyak goreng. Atau, jangan menggoreng sekaligus, melainkan sedikit demi sedikit

7. Menjelang ayam matang, masukkan irisan bawang merah, daun salam koja, daun pandan, dan cabe hijau. Teruskan menggoreng sekitar tiga menit lagi.

8. Angkat, tiriskan, dan segera hidangkan dalam keadaan panas.

Wajib dicoba kalau ke Aceh
Wajib dicoba kalau ke Aceh

Nah mudah bukan cara untuk membuat Ayam Tangkap Khas Aceh. Kalau Anda rindu masakan ayam tangkap Aceh sudah saatnya Anda mencoba menu kuliner Aceh yang paling terkenal ini.

Glory Travel

Vivamus vehicula dictum elit at bibendum. Etiam finibus eros ut urna auctor ullamcorper. Sed at erat eget nisl rutrum ultrices sed eu ex.

Newsletter

Sign up to receive the latest news and trends from our company.

More questions? Get in touch