PINTO KHOP PENINGGALAN SULTAN ISKANDAR MUDA

Aceh pada zaman kerajaan banyak sekali membangun  bangunan-bangunan yang sampai saat ini masih berdiri kokoh dan sudah menjadi sebagai situs cagar budaya. Bangunan-bangunan tersebut banyak sekali dikunjungi oleh wisatawan, salah satunya adalah bangunan Pinto Khop. Pinto Khop merupakan salah satu bangunan peninggalan sejarah pada masa kerjaan Sultan Iskandar Muda. Bangun tersebut dibangun oleh Sultan Iskandar Muda yang diperuntukkan untuk seorang permaisuri yaitu Putroe Phang yang merupakan seorang putri dari Kerajaan Pahang Malaysia. Pada masa Kerajaan Sultan Iskanda Muda,  Pinto Khop dipergunakan sebagai pintu penghubung antara Istana dengan Taman Sari Gunongan atau Taman Gairah.

 

Pinto Khop terletak dikelurahan Sukaramai, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh. Area disekitaran Pinto Khop memiliki luas 4.760 m2 dan Pinto Khop memiliki ukuran panjang 2 meter lebar 3 meter yang terbuat dari bahan kapur. Dulunya, Pinto Khop hanya dikhususkan untuk anggota keluarga kerajaan yang diperbolehkan melintasi pintu khop tersebut dan sekitaran Pinto Khop dibangun perpustakaan dikarenakan Sang permaisuri dan Sultan Iskandar Muda sering sekali menghabiskan waktu dengan membaca.

Disekitaran Pinto Khop dikelilingi oleh kolam yang airnya sangat jernih dan bersih yang langsung dialiri dari Krueng Daroy atau disebut dengan Sungai Darul Ashiqi. Keindahan dari Pinto Khop yang merupakan peniggalan Sejarah sehingga banyak sekali pengunjung yang berdatangan baik dari wisatawan lokal maupun mancanegara. Pinto Khop tersebut tidak pernah sepi dari pengunjung dan kebanyakan pengunjung berdatangan pada sore hari dan Pinto Khop juga tidak jauh dari Masjid Raya Baiturrahman.

 

Leave a Reply