PESONA PULAU BANYAK: ACEH SINGKIL

Aceh memiliki pesona bahari dan keindahan alam yang menjadi magnet bagi setiap wisatawan lokal maupun  Mancanegara. Pesona bahari tersebut salah satunya adalah Pulau Banyak yang terletak di Kabupaten Aceh Singkil dengan Ibu Kota Kecamatan Pulau Balai yang menjadi nadi perekonomian masyarakat setempat dan disanalah transaksi ekonomi antar masyarakat berlangsung dan tidak hanya itu di Pulau Balai memiliki fasilitas yang lengkap jika dibandingkan dengan kepulauan banyak lainnya.

Sumber: Google

Sumber: Google

Aceh Singkil dengan objek wisata andalan Pulau Banyak terletak di geografis 97o 3 40 BT-97o 27 58 BT dan 1o 58 25 LU-2o 22 25 LU yang begitu pas berhadapan langsung di laut lepas Samudera Hindia. Kepulauan Banyak memiliki banyak pulau-pulau kecil dan besar dengan beberapa pulau besarnya seperti Pulau Tuangku, Pulau Bangkaru, Pulau Ujung Batu dan Pulau Palambak besar. Gugusan pulau-pulau menawarkan ragam keindahan yang sangat memanjakan mata dengan laut yang luas pantai yang panjang dan indah, kontur tanah, pasir putih, spot snorkeling dan juga terdapat beberapa spot ombak lainnya yang dapat memicu adrenalin bagi penikmat olahraga surfing.

Sumber: Google

Masyarakat Pulau Banyak memiliki 3 tutur bahasa yang digunakan seperti bahasa Aneuk Jamee, bahasa Holoban, dan bahasa Nias. Bagi wisatawan yang penasaran dengan ragam bahasa masyarakat Pulau Banyak tentunya bisa langsung mengunjungi objek wisata Pulau Banyak. Masyarakat Pulau Banyak masih memegang nilai-nilai tradisional meskipun demikian masyarakat Pulau Banyak tetap ramah terhadap wisatawan yang berkunjung disana. Setiap wisatawan hanya diharapkan bisa menunjukkan sikap untuk menghargai tradisi setempat seperti berpakaian sopan selama dikawasan Pulau Banyak.

https://www.pesonaindo.com/tours/paket-wisata-pulau-banyak-aceh/

https://lingkunganhidup.co/wisata-pulau-banyak-aceh-singkil/

https://www.disbudpar.acehprov.go.id

 

 

 

 

Leave a Reply