PENANG DAN ACEH : SEJARAH MASA DULU DAN MASA KINI

Pulau Pinang Malaysia atau disebut juga Penang merupakan salah satu destinasi tempat berobat yang sangat terkenal bagi masyarakat Aceh, selain lokasinya yang tidak jauh dari Aceh yang hanya berjarak tempuh 2 jam via pesawat udara. Pulau pinang juga memiliki sisi historis yang sangat dekat dengan masyarakat Aceh. Sebut saja Lebuh Aceh (Jalan Aceh) yang berada di seputaran Goerge Town Penang. Di Lebuh Aceh banyak didiami oleh masyarakat Aceh yang rata-rata mereka merupakan pedagang yang hijrah dari Aceh. Selain itu sejarah juga mencatat bahwa semenanjung Malaysia juga merupakan daerah kesultanan Aceh di masa Sultan Iskandar Muda.

Hal Lain yang Paling Fenomenal adalah Tokoh Seniman Ternama Malaysia yang juga berasal dari Aceh. Pasti Anda sudah bisa menebak siapa dia, yappp benar sekali, tokoh itu adalah P RAMLEE, tokoh seniman yang sangat terkenal di masanya memiliki nama asli TEUKU ZAKARIA BIN TEUKU NYAK PUTEH. Ayahnya merupakan warga Lhokseumawe yang hijrah ke malaysia untuk berniaga. Sejarah lengkapnya akan kita hadirkan di tulisan selanjutnya ya….!!!

 

P Ramlee adalah seorang seniman terkenal yang berasal dari Aceh

P Ramlee adalah seorang seniman terkenal yang berasal dari Aceh

 

Faktor Faktor Inilah yang menjadikan kekerabatan Aceh dan Malaysia tidak hanya sekedar tetangga biasa, namun sejarah masa lalu menjadi sebuah catatan hubungan mesra yang terjadi antara Aceh dan Malaysia. Hal lain yang sering kita lihat bahwa di Aceh banyak masyarakat Aceh yang menggunakan Jersey Tim Harimau Muda Malaysia, Jersey Kuning bergaris hitam sering kita lihat berseliweran di Aceh walaupun tidak sebanyak Jersey Timnas Indonesia.

Di Masa kini, Penang sudah menjadi destinasi favorit masyarakat Aceh untuk berobat, banyak rumah sakit yang rata rata pasiennya merupakan warga Aceh. Diantara Rumah Sakit yang jadi favorit masyarakat Aceh adalah Lam Wah Ee Hospital, rumah sakit yang berada di Batu Lancang ini sangat sering dikunjungi Masyarakat Aceh. Hal ini bisa kita buktikan di antrian yang setiap pagi pasti dihiasi oleh wajah wajah aceh dan juga banyaknya masyarakat Aceh yang menyediakan Jasa akomodasi dan transportasi selama di Penang. Lam Wah Ee Hospital juga terkenal sebagai rumah sakit Low Cost.

Selain itu ada rumah sakit Island Hospital, rumah sakit ini lebih mewah daripada LWEH (Lam Wah Ee Hospital). Biaya Berobat disini juga lebih mahal daripada LWEH. Namun fasilitas disini lebih lengkap terutama peralatan medis dan para spesialis yang terkenal di bidangnya. Island Hospital juga merupakan salah satu rumah sakit favorit masyarakat Aceh ketika berobat di Penang.

 

IMG_3579

Salah Satu Costumer Glory Travel yang sedang berobat di Lam Wah Ee Hospital Pulau Pinang Malaysia

Dan satu lagi adalah LOH GUAN LYE HOSPITAL, rumah sakit ini lebih kepada spesialisasi. Dimana disini banyak terdapat spesialis spesialis handal yang menangani beragam penyakit. Tentu ini bisa menjadi Pilihan Anda Untuk Berobat di Penang.

Semoga informasi ini dapat membantu perjalanan Anda

 

Penulis : Ridha Sahputra

 

Untuk Informasi Lebih Lanjut Hubungi :

 GLORY TOUR & TRAVEL

Jl. Tgk Syarief No 4 Lingke Banda Aceh

Call Center          : 0651 7435566

Mobile                  : 085260230469

Twitter                 : @glory_travel

Email                     : glory.travel1@yahoo.com

Pin BB                 : 7E9C972A