MENIKMATI KEDAMAIAN PANTAI UJUNG BATEE

Salah satu pantai yang layak menjadi tujuan wisata Anda jika sedang di Aceh adalah Pantai Ujong Batee. Pantai ini berada di tengah rute dari Banda Aceh menuju Pelabuhan Malahayati. Berjarak kurang lebih 17 kilometer ke arah timur dari Banda Aceh, pantai ini dapat dijangkau dalam waktu 20 menit perjalanan menggunakan kendaraan pribadi.

Pantai Ujong Batee berada di pesisir Aceh Besar bagian timur laut. Berkunjung ke pantai ini, Anda akan mendapatkan suasana penuh kesunyian yang menenangkan, ditemani keindahan laut Selat Malaka.

Dalam bahasa Aceh, “ujong batee” berarti ujung batu. Nama ini diberikan karena dari pantai ini pengunjung dapat melihat Pulau Weh seperti sebuah bongkahan batu yang berada di ujung lautan. Pantai Ujong Batee memang berhadapan dengan pulau yang menurut sebuah legenda menyatu dengan daratan Sumatera itu.

Ada banyak alasan untuk Anda agar singgah di pantai ini. Salah satunya adalah garis pantai yang lebar. Berkunjung ke pantai ini, meski saat musim liburan, Anda akan tetap merasa lapang dan tenang.

Angin laut yang berhembus sepoi mengiringi gemericik desir ombak. Pantai ini merupakan tempat yang ideal bagi pemburu ketenangan. Rimbunan pohon pinus di sepanjang sisi pantai membuat suasana menjadi tambah tenang.

 

Ada yang mengatakan pasir berwarna kehitaman di pantai ini memiliki khasiat medis. Pasir Pantai Ujong Batee dipercaya dapat digunakan untuk terapi pengobatan penyakit tulang dan kelumpuhan. Selain itu, merendam tubuh sebatas leher dengan pasirnya yang hangat dipercaya dapat membuat badan menjadi segar. Meskipun belum ada pembuktian medis yang mendukung semua itu, tetapi bagi sebagian orang manfaat dari terapi kesehatan tersebut telah mereka rasakan sendiri.

Selain menawarkan keindahan pantai dan suasana yang tenang, pantai ini juga menjadi tempat yang cocok bagi pemburu makanan lezat. Pantai Ujong Batee termasuk dalam wilayah Kreung Aceh yang terkenal dengan seafood hasil tangkapan nelayan lokal. Karenanya, berkunjung ke pantai ini, Anda dapat mencicipi kepiting besar, udang windu, tiram, dan berbagai jenis ikan karang yang lezat.

Salah satu menu yang patut Anda coba jika berkunjung ke pantai ini adalah ikan kerapu goreng atau dimasak asam keueung dengan ditemani kuah pilek. Dijamin, liburan Anda akan semakin sempurna. Apalagi, harga yang ditawarkan pun tidak akan membuat Anda merogoh kocek dalam-dalam.

Sumber : https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/menikmati-kedamaian-pantai-ujong-batee

Leave a Reply