MENGUNJUNGI DANAU TOBA PARAPAT

Danau Toba Parapat merupakan obyek wisata primadona di Provinsi Sumatera Utara. Danau vulkanik seluas 1265 kilometer persegi ini merupakan danau terluas di Indonesia dan di Asia Tenggara. Untuk menikmati panorama Danau Toba, wisatawan bisa menikmatinya dari Parapat, kota wisata yang terletak di tepi Danau Toba. Dari Parapat, wisatawan bisa menikmati berbagai aktivitas wisata air, seperti memancing, naik perahu tradisional atau perahu motor mengarungi danau, atau bermain ski air. Bagi yang ingin membeli oleh-oleh, di Parapat tersedia toko-toko yang menjual cenderamata khas suku Batak, seperti miniatur rumah adat dan kalender Batak. Bagi wisatawan yang ingin menginap, di Parapat tersedia penginapan, mulai dari hotel melati hingga hotel berbintang.

Obyek wisata utama di Danau Toba Parapat adalah Pulau Samosir. Dengan luas 630 kilometer persegi, Pulau Samosir dapat dikatakan sebagai “pulau di atas pulau” terbesar di dunia. Selain memiliki pemandangan alam yang indah, Pulau Samosir juga menyimpan kekayaan budaya berupa berbagai situs sejarah dan budaya suku Batak. Terdapat 3 tempat di Pulau Samosir yang memiliki situs sejarah dan budaya, yaitu :

Di Desa Tomok terdapat makam Raja Sidabutar,

Di Desa Ambarita terdapat situs rumah adat batak dan batu tempat praktek pengadilan

Di Desa Simanindo terdapat museum, tempat menenun ulos, serta pertunjukan Tari Tor Tor dan Boneka Sigale-gale

Untuk menyeberang ke Pulau Samosir, wisatawan bisa menggunakan ferry dari pelabuhan Ajibata menuju Pelabuhan Tuk Tuk di Pulau Samosir, dengan tarif Rp 7.000 per orang, atau menyewa perahu motor dari Parapat menuju desa-desa di Pulau Samosir.

Danau Toba Parapat dapat dicapai menggunakan bis PO Sejahtera dari Terminal Amplas Medan tujuan Parapat, dengan tarif Rp 25.000 per orang. Pilihan kedua adalah dengan kereta api ekonomi Siantar Ekpres rute Medan-Pematangsiantar dengan tarif Rp 14.000 per orang, kemudian dari Pematangsiantar menuju Parapat dilanjutkan menggunakan kendaraan umum atau mobil sewaan. Alternatif lainnya adalah menggunakan travel dari Medan tujuan Parapat dengan tarif Rp 65.000-80.000 per orang. Jika menggunakan kendaraan pribadi, bisa menggunakan rute Medan-Tebing Tinggi-Pematangsiantar-Parapat, atau menggunakan rute Medan-Brastagi-Kabanjahe-Danau Toba. Jarak antara Medan-Danau Toba kurang lebih 185 kilometer, dengan waktu tempuh kurang lebih 4-5 jam.

Sumber : http://bundadanbisnis.com/mengunjungi-danau-toba-parapat/

 

Leave a Reply