MELEPAS DAHAGA DENGAN KELAPA MUDA DI BULAN RAMADHAN

Anda tahu buah kelapa ? Pohon kelapa ? Buah kelapa mengandung manfaat yang sangat banyak. Seluruh bagian buahnya dapat digunakan oleh manusia. Mulai dari airnya yang menyegarkan, bagian isinya yang muda sangat enak dimakan langsung, sedangkan yang tua dijadikan santan untuk sayur, kue dan dapat diproses menjadi minyak masak. Tempurungnya untuk kerajinan tangan, perlengkapan rumah tangga atau sekedar dibakar untuk membuat bara api. Sabutnya bisa dipakai untuk alat gosok peralatan dapur atau dianyam menjadi keset kaki dan sikat.

Demikian pula halnya dengan pohon kelapa, seluruh bagian dari akar, batang hingga pelepah daunnya dapat memberikan manfaat. Contoh yang sudah sangat diketahui adalah lidi yang terdapat pada daunnya dapat dijadikan sapu.

Begitulah sesungguhnya bulan Ramadan. Bulan Ramadan penuh dengan manfaat. Sejak awal hingga akhirnya, Ramadan mengandung berbagai macam keistimewaan. Awalnya adalah Rahmat, pertengahannya adalah ampunan dan akhirnya adalah pembebasan dari api neraka. Siang harinya adalah ibadah pengendalian diri menuju kesempurnaan martabat manusia dan malam harinya adalah ibadah pendekatan diri kepada sang Pencipta Allah SWT.

Setiap hari dalam bulan Ramadan menyimpan makna dan keistimewaan masing-masing yang ganjarannya dihitung dengan perkalian lipat ganda. Satu dibalas sepuluh, seratus bahkan seribu. Sehari dibalas sebulan, sebulan dibalas setahun hingga puncaknya disediakan balasan syurga. Bulan Ramadan menyediakan semua yang dibutuhkan manusia. Dirahmati hidupnya, dimaafkan dan diampuni kesalahan dan dosanya, dimudahkan segala urusannya, dilipatgandakan setiap amal ibadahnya, disejukkan hatinya, dibersihkan dirinya dari segala macam penyakit jasmani dan rohani, dimurahkan rezeki, diberi predikat taqwa dan dimasukkan kedalam syurga. Jangan sia-siakan nikmatnya Ramadan.

Penulis : Direktur Eksekutif BAZ Tarakan Syamsi Sarman,S.Pd

 

Leave a Reply