MASJID KEBANGGAAN SERAMOE MEKKAH

Wisatawan yang berliburan ke Aceh wajib untuk mengunjungi tempat religi seperti masjid kebanggan masyarakat Aceh yaitu Masjid Raya Baiturrahman. Masjid Raya Baiturrahman didirikan pada tahun 1606-1636 pada masa Sultan Iskandar Muda dengan tujuan untuk dijadikan sebagai pusat pengajaran ilmu agama yang ada di Nusantara sehingga Aceh dijuluki sebagai kota serambi mekkah. Pada Masa peristiwa tsunami Masjid Raya Baiturrahman dijadikan sebagai termpat perlindungan masyarakat Aceh terhadap bencana tsunami dan pada masa itu Masjid Raya Baiturrahman tetap berdiri kokoh tanpa ada mengalai kerusakan sedikitpun. Masjid terbesar di Aceh tersebut dari awal masa didirikan sudah dilakukan renovasi sebanyak 5 kali serta sudah dilakukan perluasan area masjid sehingga menunjukkan keindahan dari masjid kebanggan masyarakat Aceh.

Sumber : Google

 

Setiap wisatawan yang mengunjungi Masjid Raya Baiturrahman akan dibuat terkagum kagum dengan keindahan bangunannya. Bangunan masjid yang menyerupai Taj Mahal di India ini mampu membuat setiap wisatawan yang berdatangan akan terpukau dengan ukiran yang menarik, halaman luas serta kolam pancuran air bergaya Kesultanan Turki Utsmani akan menambah kesejukan bagi setiap pengunjung.

Sumber :Google

Masjid Raya Baiturrahman terletak di tengah-tengah kota Banda Aceh sehingga setiap wisatawan yang mengunjungi Aceh bisa langsung menuju ke pusat kota Aceh (Banda Aceh). Untuk menuju ke masjid raya, wisatawan bisa menggunakan transporatasi laut, udara dan darat. Bagi yang memilih transporatrsi laut wisatawan harus menuju ke pelabuhan belawan terlebih dahulu setelah itu langsung bisa menuju ke masjid hanya sekitar 10 menit dari pelabuhan. Bagi yang memilih transportasi udara wisatawan akan menuju ke bandara Sultan Iskandar Muda terlebih dahulu setelah itu langsung menuju ke masjid hanya sekitar 30 menit perjalanan sedangkan yang memilih transporatasi darat bisa langsung menuju ke masjid yang terletak di pusat kota Banda Aceh.

 

(https://dananwahyu.com/2017/06/10/wisata-religi-masjid-raya-baiturrahman/)

(https://id.wikipedia.org/wiki/Masjid_Raya_Baiturrahman)

 

Leave a Reply