KULINER KHAS SEURAMOE MEKKAH

Berkunjung ke Aceh memiliki nilai tersendiri bagi setiap Wisatawan dari luar Aceh. Penilaian tersebut disebabkan karena kuliner khas dari Aceh yang membuat Wisatawan menjadi betah. Aceh memiliki berbagai macam kuliner yang khas sehingga membuat pecinta kuliner tidak bosannya untuk menikmati rasa khas kuliner Aceh. Masakan Aceh merupakan perpaduan dari berbagai kebudayaan seperti Arab, India, Spanyol, China hingga Belanda. Namun yang paling banyak dari kebudayaan Arab dan India. Setiap Wisatawan nyang berkunjung ke Aceh belum sah rasanya sebelum mencicipi bebagai kuliner khas Aceh. Kuliner khas Aceh yang sering digemari oleh Wisatawan pecinta kuliner diantaranya:

  • Mie Goreng Aceh

Mie aceh tersedia hampir diseluruh warung kopi yang ada di Aceh. Mie yang dimasak dengan cara direbus dengan berbagai jenis rempah khas yang membuat lidah bergoyang dan tentunya akan ketagihan. Untuk menikmati satu porsi Mie Goreng Aceh  cukup membayar Rp. 5.000-Rp. 12.000.

Sumber : Google

  • Martabak Telur Aceh

Martabak telur terbuat dari tepung terigu yang ditutui dengan campuran telur dan berbagai jenis sayuran dengan ukuran kecil. Martabak dimasak diatas besi bebentuk datar dipanggang dengan menggunakan margarin sehingga menimbulkan aroma khas apalagi disaat penyajian ditambahkan acar bawang merah dan cabe rawit sehingga menambah citra rasa martabak. Untuk menikmati martabak telur cukup hanya membayar Rp. 7000/porsi dan kuliner ini dapat ditemukan diberbagai warung kopi yang ada di Aceh.

Sumber : Google

  • Roti Canai

Roti berbentuk bulat yang terbuat dari tepung terigu dimasak dengan menggunakan mentega. Roti canai akan disajikan dengan berbagai rasa seperti rasa cokelat, durian, kari ayam, kari kambing dan bahkan hanya dibubhi gula pasir. Satu porsi Roti Canai cukup dengan membayar Rp. 8000/porsi dan roti canai bias ditemukan ditempat warung makanan seperti Canai mamak.

Sumber : Google

  • Sate Matang

Jenis kuliner ini mungkin sudah banyak tersedia didaerah lain diluar Aceh. Namun Sate Matang khas Aceh terkenal dengan dagignya yang empuk ditambah dengan rempah-rempah khas Aceh serta umbu kacang yang sangat gurih. Sate Matang b isa dinikmati hanya dengan mebayar Rp. 20.000/porsi dan b isa ditemukan ditempat penjualan sate dikawasan Banda Aceh.

Sumber : Google

  • Bumbu Kanji Rumbi

Bubur ini terbuat dari beras pulen yang ditumbuk kasar kemudian direbus dengan berbagai jenis campuran remnpah-rempah khas Aceh. Bubur Kanji Rumbi buasanya disajikan dengan ayam udang atau telur setengah matang diatasnya. Satu porsi Bubur Kanji Rumbi hanya Rp. 8000 dan tersedia di berbagai warung di sekitaran Banda Aceh.

Sumber : Google

  • Ikan Kayu

Ikan kayu atau dalam bahas aceh Eungkot Keumamah merupakan salah satu produk olahan ikan di Aceh. Kuliner ini diberei nama ikan kayu dikarenakan tekstur dari ikan yang keras dan menyerupai bentuk kayu sehingga disebut ikan kayu. Ikan kayu terbuat ikan tongkol yang pengolahannya membutuhkan waktu beberapa hari sehingga membuat ikan kayu mampu tahan lama untuk disimpan.  Ikan kayu sering disajikan dengan masakan gulai Aceh. Ikan Kayu dijual dalam bentuk kemasan dengan harga Rp. 20.000/kemasan dan bias didapatkan di berbagi toko oleh-oleh Aceh.

Sumber : Google

  • Gulai Plik U

Gulai ini terbuat dari campuran berbagai jenis sayur-sayuran segar dan dimasak menggunakan bumbu-bumbu khas Aceh. Cita rasa dari Gulai Plik U terdapat pada Plik U nya sendiri yang terbuat dari fermentasi kelapa. Satu porsi Gulai Plik U hanya Rp. 8.000 dan terdapat di berbagai rumoh makan khas Aceh.

 

(https://travel.detik.com/dtravelers_stories/u-2229765/10-kuliner-aceh-yang-harus-dicoba-wisatawan)

Leave a Reply