KUAH BEULANGONG: KULINER KHAS ACEH

Kuah Beulangong merupakan makanan khas kuliner Aceh dengan bahan dasar daging Sapi atau daging Kambing. Kuah Beulangong memiliki cita rasa khas dari perpaduan rempah-rempah khas Aceh dan menjadi makanan utama yang sangat khas bagi masyarakat Aceh dalam berbagai acara seperti hajatan atau pesta perkawinan. Kuah Beulangong menjadi suatu kuliner warisan moyang bagi masyarakat Aceh dan untuk tetap menjaga lestari kuliner Kuah Beulangong Pemerintah kerap menggelar acara untuk mengenalkan tradisi kuliner di berbagai festival Kuah Beulangong dengan tujuan menarik simpatisan wisata luar akan kuliner warisan tersebut.

Sumber: Google

Kuliner Aceh yang  memiliki cita rasa tinggi itu terkenal dengan sebutan Kuah Beulangong. Istilah Kuah Beulangong berasal dari proses pembuatannya yang berlangsung dalam belanga atau kuali besar. Dengan belanga/kuali yang berukuran besar, Kuah Beulangong tidak dapat dimasak oleh satu orang tetapi butuh beberapa tenaga untuk memasaknya. Selain lezat, masakan Kuah Beulangong mempunyai cita rasa yang membuat pecinta kuliner ketagihan. Menariknya,kuliner tradisional Aceh ini biasanya dimasak oleh kaum lelaki saja hal ini dilakukan berdasarkan filosofi yang telah diturunkan secara turun-temurun.

Sumber: Google

Kuah Beulangong dengan bahan utama daging sapi/kambing yang dipotong kecil-kecil, nangka muda serta pisang muda dipotong kecil-kecil dan biasanya disesuaikan dengan selera. Kuah Beulangong memiliki bumbu yang lumayan banyak seperti kelapa gongseng, kelapa giling, cabai merah, cabai kering, cabe rawit, bawang putih, jahe, kunyit, ketumbar gongseng, kemiri, lengkuas yang semua bahan digiling sampai halus. Daging yang telah dipotong-potong kecil dicuci dan dimasukkan kedalam kuali besar dicampur dengan bumbu-bumbu  serta garam yang diaduk sampai merata. Selanjutnya ditambahkan air secukupnya dan dimasak setengah matang sampai bumbu meresap semua. Potongan nangka atau pisang beserta dengan bawang dan air asam ditambahkan dan dibiarkan hingga masak.

Sumber: Google

Bagi wisatawan yang ingin menikmati cita rasa kuliner Kuah Beulangong langsung saja berkunjung ke Aceh terutama kawasan Banda Aceh-Aceh Besar yang merupakan daerah paling banyak dijumpai kuliner Kuah Beulangong. Wisatawan bisa menikmati kenikmatan Kuah Beulangong sambil mengenal asal usul  sejarah Kuah Beulangong.

 

(https://www.bandaacehtourism.com/budaya/tradisi/kuah-beulangong-khas-aceh/#.W8WjsXszbIU)

(http://www.wasatha.com/2017/04/kuah-beulangong-dan-filosofi-sejarahnya.html)

 

Leave a Reply