KEINDAHAN PULAU BANYAK DI ACEH SINGKIL YANG BELUM TERJAMAH

Pulau Banyak di Aceh Singkil masih belum diketahui banyak orang. Kepulauan ini terdiri dari gugusan 70 pulau-pulau kecil yang indah. Sebagian besar dari pulau-pulau itu tak berpenghuni dan sisanya adalah resort-resort sederhana yang langsung menghadap pantai. Saat berkunjung, saya memang tidak banyak mengeksplorasi kepulauan tersebut, hanya beberapa yang bagus menurut orang-orang.

Mengunjungi Pulau Tailana, salah satu bagian dari Pulau Banyak. Pulau ini sangat asyik untuk snorkeling. Di sini ada beberapa gubuk ato resort sederhana milik penduduk lokal. Kita juga bisa trekking berkeliling pulau dan menikmati hamparan pasir putih yang memesona. Saya membawa drone untuk mengambil foto dari ketinggian, dan tampak jelas bahwa ada begitu banyak karang di sekitar pulau. Sayangnya, karena dulu sempat tidak terurus, sebagian karang di sini rusak karena ulah nelayan dan masyarakat setempat.

Pulau Banyak merupakan salah satu destinasi wisata bahari di Pulau Sumatera yang sangat indah dan masih belum begitu terjamah. Bentuknya yang menyebar membuatnya memiliki pantai-pantai yang panjang dan indah. Pasir putihnya begitu lembut, sehingga memanjakan wisatawan agar betah berlama-lama menghabiskan liburannya. Lambaian daun-daun kelapa yang rindang dengan pemandangan alam pantai tropis semakin memperindah suasana tamasya. Keseruan akan semakin bertambah jika pergi ke sini dengan teman dekat atau sahabat, karena panjangnya perjalanan ke sini akan membuat pegal dan bosan.

Untuk mengunjungi Pulau Banyak, silakan menggunakan jalur penerbangan Jakarta – Medan untuk mendapatkan akses  tercepat. Selanjutnya, gunakan jalur darat dari Medan ke Aceh Singkil. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 8 – 10 jam. Bulan Januari sampai Mei adalah saat yang tepat untuk mengunjungi Kepulauan Banyak karena cuaca sedang tenang dan cerah. Walaupun Pulau Banyak begitu cantik, sayangnya tempat ini belum dilengkapi dengan sarana, prasarana, serta transportasi antarpulau yang memadai sehingga menyebabkan transportasi laut jadi mahal. Meskipun begitu, mahal juga punya sisi positif. Kepulauan ini masih terjaga dari turis tidak bertanggung jawab yang membuang sampah sembarangan. Dengan keindahannya, Kepulauan ini menjadi destinasi wilayah Indonesia Barat yang wajib didatangi.

Sumber : https://blog.misteraladin.com/keindahan-pulau-banyak-di-aceh-singkil-yang-belum-terjamah/

Leave a Reply