KEINDAHAN DI PULAU RUBIAH

Keindahan pulau-pulau kecil memang sudah tidak diragukan lagi, banyak sekali travelers memiliki keinginan untuk menikmati keindahan pulau-pulau kecil, salah satunya pulau Rubiah. Pulau rubiah merupakan pulau yang memiliki pesona tersendiri bagi setiap travelers. Pulau Rubiah terletak di ujung utara pulau Sumatera tepatanya dikawasan pulau Weh sebelah Barat Kota Sabang Provinsi Aceh. Pulau dengan luas 2.600 Ha in memiliki keindahan bawah laut yang mempesona dan masih sangat alami dengan pesisir pantai yang sangat menawan dan indah. Kejernihan air di pulau rubiah sangat padu dengan putihya pasir pantai pulau Rubiah, dengan tiupasn angin yang begitu menenangkan pikiran sehingga membuat pengunjung seakan betah untuk tinggal berlamaan di Pulau Rubiah.

Sumber: Google

Pulau Rubiah diambil dari nama wanita bernama Cut Nyak Rubiah. Konon katanya, pulau Rubiah dijadikan sebagai tempat persinggahan/karantina  jamaah Haji yang hendak berangkat ke Mekkah. Berdasarkan cerita terdahulu, kapal jamaah haji yang hendak berangkat ke Mekkah mengalami karam dan salah satu koban adalah Cut Nyak Rubiah yang dimakamkan di pulau Rubiah tersebut. Pulau Rubiah selain sebagai tempat karantina jamaah haji, juga pernah menjadi sebagai benteng pertahanan Belanda dan Jepang pada masa perang Dunia ke II karena hingga saat ini masih ada terdapat benteng-benteng  bersejarah yang dapat dinikmati oleh pengunjung.

Perjalanan untuk menuju ke pulau Rubiah membutuhkan perjalanan yang sangat menantang, bagaimana tidak untuk memulai perjalanan dari kota Banda Aceh ke pelabuhan Ulee Lheue akan memakan waktu sekitar 40 menit, dari pelabuhan Ulee Lheue ke pelabuhan Balohan harus menyebrangi laut menggunakan kapal ferry. Setelah tiba di Pulau Balohan, pengunjung dapat menyewa kendaraan dengan tarif Rp. 50.000 umtuk menuju ke pantai Iboh. Setelah tiba pantai Iboh pengunjung dapat menyewa perahu untuk menuju ke pulau Rubiah selama 20 menit.

Sumber: Google

 

Selama di pulau Rubiah, para pengunjung tidak hanya  berdiam diri saja sambil menikmati keindahan pantai, tetapi juga bia dilakukan kegiatan-kegiatan lain seperti snorkeling/menyela, mengunjunggi tempat transplantasi karang dan lain sebagainya.

Leave a Reply