GULEE EUNGKOT PAYA

Kuliner Aceh yang sangat populer di kalangan masyarakat Aceh adalah Gulee Eungkot Paya. Gulee Eungkot Paya jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah gulai ikan payau. Masyarkaat Aceh menjadikan ikan payau sebagai olahan kuliner yang sangat menggiurkan selain kuliner ikan laut. Ikan payau yang sering digunakan adalah ikan gabus, lele atau sepat dan lain sebagainya.

Sumber: Google

Gulee Eungkot Paya merupakan warisan indatu yang sampai saat ini masih sangat banyak dijumpai diseluruh daerah Aceh. Kuliner ini sangat digemari oleh masyarakat Aceh sehingga Gulee Eungkot Paya menjadi trending topic bagi masyarakat Aceh.

Sumber: Google

Sumber: Google

Kuliner Gulee Eungkot Paya memiliki keunikan tersendiri dari segi proses memasaknya. Masyarakat Aceh pada saat memasak Gulee Eungkot Paya sering menambah berbagai aneka bahan-bahan makanan lainya seperti rebung kala, jantung pisang, pisang muda dan lain sebagainnya untuk meningkatkan cita rasa. Kuliner yang diwariskan oleh indatu masyarakat Aceh tidak hanya digemari oleh masyarakat Aceh saja tetapi juga diincar oleh masyrakat dari luar Aceh dan bagi pecinta kuliner yang belum penasaran dengan kelezatan Gulee Eungkot Paya silahkan kunjungi Aceh dan nikmati cita rasa kuliner Gulee Eungkot Paya.

www.disbudpar.acehprov.go.id

http://aceh.tribunnews.com/2014/03/29/gulai-eungkot-paya-masakan-fenomenal-warisan-indatu

 

 

 

Leave a Reply