Gulai Jruk Drien: Khas Aceh Barat Selatan (ACEH)

Pecinta kuliner tentunya sudah kenal dengan buah durian dengan kelezatan buah durian membuat pecinta kuliner durian ketagihan. Namun jangan katakan sebagai pecinta durian sejati jika belum merasakan kelezatan olahan durian khas Aceh yaitu Asam Durian. Asam durian merupakan satu jenis masakan khas Aceh khususnya bagian Aceh Barat Selatan dan masakan ini sudah tidak asing bagi masyarakat Aceh Barat Selatan. Asam Durian dibuat dengan cara memfermentasikan daging durian sebagai bumbu utama dalam masakan Asam Durian. Masakan Asam Durian ini memiliki beberapa sebutan seperti gulai asam dighan dan gulei Jruk tergantung masing-masing daerah yang ada di Aceh Barat Selatan.

Sumber: Google

 

Setiap musim durian tentunya masyarakat Aceh Barat Selatan selalu mengolah durian sebagai Asam Durian untuk dijadikan masakan. Sebagian masyarakat mengira durian hanya dimakan dagingnya begitu saja atau dijadikan selai roti dan sebagainya tetapi tidak sebatas itu daging durian juga dijadikan sebagai masakan untuk lauk nasi. Masakan Asam Durian walaupun dikatakan sebagai masakan khas Aceh namun tidak semua masyarakat Aceh menyukai masakan dengan bumbu utama daging durian fermentasi tersebut dan bahkan sebagian orang menganggap suatu hal yang menjijikan. Ketidaktahuan sebagian masyarakat Aceh terhadap Asam Durian dapat dimaklumi dikarenakan masakan Asam Durian hanya banyak terdapat di daerah Aceh Barat selatan seperti Meulaboh, Nagan Raya, Blang Pidie dan Aceh Selatan. Hampir seluruh masyarakat Aceh Barat Selatan mengira masakan Asam Durian sudah menjadi masakan wajib disaat musim durian tiba hal ini disebabkan masyarakat Aceh Barat Selatan sudah dimanjakan lidahnya dengan kelezatan Asam Durian.

Sumber: Google

Sumber: Google

Masakan Asam Durian diolah dengan mencampurkan bumbu fermentasi daging durian dengan berbagai sayuran, ikan, udang dan lainnya sesuai selera. Pecinta Kuliner khususnya pecinta durian tidak salahnya mencoba makanan khas Aceh yang satu ini walaupun terkesan agak menjijikan tetapi percayalah jika sudah membiasakan lidah dengan masakan Asam Durian ingin rasanya setiap sepiring nasi selalu dikawani dengan masakan yang sering disebut dengan gulei Jruk.

(http://aneukjameeku.blogspot.com/2012/09/gulai-asam-drien.html)

(http://acehselatannews.com/gulai-asam-durian/)

Leave a Reply