CAGRUK ACEH

Aceh memiliki berbagai macam jenis kuliner terutama kuliner tradisional yang memiliki nilai tersendiri bagi masyarakat Aceh, salah satu diantara kuliner tradisional Aceh tersebut adalah Cagruk. Banyak pecinta kuliner bertanya-tanya setelah mendengar istilah kuliner Cagruk dikarenakan jarang terdengar bagi masyarakat modern seperti sekarang bahkan bagi sebagian masyrakat Aceh juga tidak terlalu mengenal tentang kuliner tersebut. Cagruk merupakan makanan khas tradisional Aceh yang menyerupai kolak namun memiliki perbendaan sedikit pada bagian isinya tergantung pada setiap daerah.

Sumber: Google

Setiap daerah yang ada di Aceh memiliki jenis sajian cagruk sendiri katakanlah di daerah Trumon Aceh Selatan sajian cagruk terbuat dari sagu dan santan sebagai kuah pelengkapnya tetapi masyarakat setempat lebih tertarik dengan santan dicampur durian sehingga memiliki cita rasa yang lebih enak. Saat musim durian tiba, masyrakat setempat sudah tentunya hampir sebagian rumah warga membuat kuliner cagruk durian tersebut. Untuk membuat cagruk durian tersebut hanya membutuhkan sagu, durian, santan, gula dan garam.

Sumber: Google

Pecinta kuliner yang penasaran dengan kuliner tradisional tersebut bisa kunjungi daerah-daerah yang ada di Aceh. Kuliner ini jarang di perjual belikan basanya dimasak untuk cemilan keluarga.

 

Leave a Reply