BUKIT KUTA MALAKA

Keindahan alam Aceh sudah tidak diragukan lagi, bagaimana tidak banyak pengunjung menjelajahi satu persatu tempat wisata diseluruh kawasan Aceh yang memiliki nilai eksotis. Tempat wisata tersebut salah satunya adalah Bukit Kuta Malaka yang memiliki keindahan begitu mempesona. Keindahan alam yang tersembunyi dibalik bukit menyimpan pemandangan begitu menyegarkan mata. Bukit Kuta Malaka terletak di kawasan Samahani Kecamatan Kuta Malaka Kabupaten Aceh Besar Provinsi Aceh. Pecinta wisata yang suka dengan tantangan bisa menguji kemampuannya di Bukit Kuta Malaka, bagaimana tidak untuk menuju ke Bukit Kuta Malaka pengunjung harus menepuh jarak sejauh 40 kilometer dari pusat kota Banda Aceh dan ditambah lagi 5 kilometer untuk masuk kearah Kuta Malaka.

Sumber: Google

Dulunya, Bukit Kuta Malaka dijadikan basis gerakan aceh merdeka (GAM), namun seusai konflik selesai atau Aceh Damai Bukit Kuta Malaka mulai terkenal. Pasca damai Aceh, Bukit Kuta Malaka yang sebelumnya hanya jalan setapak  mulai dibangun pelebaran jalan sehingga bisa dilintasi oleh kendaraan roda empat. Selain infrastruktur jalan yang telah dibangun, ada beberapa fasiulitas lainnya yang dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Besar seperti Musalla, toilet, cafeteria serta berbagai fasilitas lainnya yang sedang proses pembangunan.

Sumber: Google

Pengunjung yang menuju ke Bukit Kuta Malaka saat tiba di kaki bukit pengunjung akan lalaikan dengan pemandangan yang begitu menakjubkan ditambah perkebunan warga yang ditanam dengan rapi sehingga membuat pengunjung terhipnotis akan pesona alam. Sepanjang jalan pengunjung akan menemukan 4 anak sungai yang terhubung langsung dengan air terjun di Bukit Kuta Malaka. Anak sungai tersebut hanya memiliki kedalaman 30-60 cm jadi tentunya sangat mudah dilintasi dengan kendaraan roda empat dan roda dua. Pada saat mencapai puncak bukit, pengunjung akan bertemu dengan petugas yang menjaga kawasan Bukit Kuta Malaka cukup dengan megoroh kocek Rp. 10.000 pengunjung dapat menikmati secara bebas keindahan Bukit Kuta Malaka.

Sumber: Google

Saat berada di puncak, pengunjung sudah dapat menikmati keindahan Bukit Kuta Malaka dan disana bisa dilakukan kegiatan berkemah dan menjelajahi kawasan sekitar bukit. Namun selain itu pengunjung juga dapat menikmati kesejukan air terjun. Untuk menuju air terjun memiliki tantangan tersendiri, bagaimana tidak pengunjung harus melintasi tangga beton sebanyak 412 anak tangga. Namun tidak perlu khawatir setelah melewati tantangan yang melelahkan akan terobati dengan kejernihan air terjun sehingga membuat dasar telaga kelihatan dari permukaan. Air Terjun Kuta Malaka memiliki 7 tingkatan dengan setiap tingkat memiliki ketinggian 2-5 meter dan terdapat telaga yang memiliki kedalaman 0,5-1 meter.

 

 

 

 

 

Leave a Comment

Glory Travel

Vivamus vehicula dictum elit at bibendum. Etiam finibus eros ut urna auctor ullamcorper. Sed at erat eget nisl rutrum ultrices sed eu ex.

Newsletter

Sign up to receive the latest news and trends from our company.

More questions? Get in touch