AIR TERJUN PRIA LAOT, KESEJUKAN DI TENGAH KOTA SABANG

sabang memang tidak ada habisnya. Pulau yang letaknya di ujung Indonesia ini selalu punya kejutan. Keindahan pantainya, keramahan masyarakatnya, belum lagi keragaman ekosistem bawah laut yang begitu menggoda para penyelam. Maka wajar saja, kalau Sabang menjadi salah satu destinasi unggulan provinsiAceh.

Saya pikir, Sabang adalah objek wisata yang lengkap. Karena di tempat ini kita bisa menikmati beragam pesona wisata. Baik itu wisata sejarah maupun pesona alamnya. Semua itu memberikan kesan tersendiri saat kita berada di Sabang.

Di sisi lain, alam sabang juga sangat menarik di eksplor. Karena Topografi Sabang berbukit dan masih diselimuti hutan yang lebat. Dengan bentuk alam yang demikian, maka Sabang menyajikan banyak kejutan. Tidak hanya unggul dengan keindahan lautnya, Sabang juga memiliki Gunung Berapi Aktif yaitu Gunung Api Jaboi dan air terjun yang cukup menawan yaitu Air Terjun Pria Laot adalah salah satunya.

Nah, khusus air terjun yang satu ini, bisa menjadi pilihan destinasi kita jika berkunjung di Sabang. Air Terjun Pria Laot lokasinya berada di arah selatan Kota Sabang. Jaraknya 12 Km dari pusat kota atau tepatnya di Hulu Selatan Pulau Weh. Lebih mudahnya, jalannya searah jika kita hendak menuju tugu KM 0. Jalan menuju tempat ini juga sangat menyenangkan, karena sepanjang perjalanan tersaji pemandangan yang menenangkan dan udara yang sejuk.

Untuk menuju Air Terjun Pria Laot kita bisa menggunakan motor atau mobil. Meskipun jalan ke lokasi air terjun di Sabang ini tak besar, tapi jalannya telah beraspal mulus. Setelah kita tiba di Meunasah Pria Laot, selanjutnya adalah belok ke kiri. Di sini, kita bisa memarkirkan kendaraan di sekitar jembatan atau di depan perusahaan air minum.

Perjalanan belum usai. Karena selanjutnya, kita harus berjalan kaki sekitar 1 km atau sekitar 20 menit melintasi jalanan setapak. Hm… lumayan. Jalanan setapak ini memang melelahkan tapi sepanjang perjalanan kita akan disuguhi suasana alam yang sejuk. Suara kicau burung menjadi hiburan sendiri selama berjalan kaki menuju air terjun Pria Laot ini.

Semakin dekat ke lokasi air terjun di Sabang ini, kita sudah bisa mendengarkan suara deru air terjun Pria Laot. Lalu saat kita menyaksikan sendiri, sumber suara tersebut maka segala keletihan kita selama berjalan kaki akan terbayar lunas. Karena di hadapan kita, tersajilah Air Terjun Pria Laot yang mempesona.

Ketinggian Air Terjun Pria Laot sekitar 10 meter, meskipun tak terlalu tinggi. Tapi curahan air terjun di Sabang ini tertampung pada sebuah kolam sedalam 1 – 2 meter. Airnya yang sejuk, cukup mengobati kepenatan kita selama perjalanan.

Sumber air terjun Pria Laot ini berasal dari Gunung Sarung Keris dan Danau Anak Laot. Air tersebut mengalir di sepanjang aliran sungai Pria Laot, hingga akhirnya bermuara di air terjun ini. Air tersebut kemudian mengalir deras di antara batu-batu besar berwarna hitam. Bentuk  batuknya yang unik, menjadikan tempat ini begitu eksotis. Maka wajar saja, air terjun Pria Laot menyajikan air yang begitu segar dan pemandangan yang menawan. Sebuah kombinasi yang sempurna untuk kita yang ingin menenangkan diri.

Cobalah berenang ke dalam genangan air terjun Pria Laot ini. Semakin lama kita berendam, kita serasa mendapatkan terapi. Pasalnya, di dalam air terdapat ikan-ikan kecil yang serasa menggelitik tubuh kita. Ikan kecil ini sejatinya bernama Garra Rufa, tapi masyarakat setempat menyebutnya ikan bulan.

Selain itu, terkadang kita juga bisa menyaksikan aktraksi anak-anak penduduk setempat melakukan lompat salto di air terjun Pria Laot ini. Para pengunjung juga bisa menguji ketangkasan mereka dengan melempar koin ke dalam air, lalu dalam hitungan menit. Anak-anak akan menyelam dan menemukan kembali koin yang kita lempar.

Air terjun Pria Laot ini sebenarnya masih jarang dikunjungi orang. Mungkin karena akses perjalanannya yang menantang. Tapi bagi  pengunjung yang menyukai tantangan, jalan seperti inilah yang paling mereka minati. Maka air terjun Pria Laot bisa menjadi alternatif, jika kita ingin mengeksplore Sabang dengan cara yang berbeda.

Ya, begitulah. Sabang memang tidak ada matinya. Tempat ini selalu saja penuh kejutan.

Sumber : http://helloacehku.com/air-terjun-pria-laot-kesejukan-di-tengah-hutan-sabang/

Leave a Reply