5 Permainan di Bulan Ramadhan

Beragam cara untuk mengisi waktu luang saat liburan di bulan ramadhan. Salah satunya bermain, banyak anak jaman sekarang sudah akut dengan teknologi sehingga mereka malas untuk main diluar, padahal seru kan main diluar sama temen ngumpul-ngumpul , yahh tapi apa boleh buat zaman berkembang dengan cepat. Nahh,, saya disini mau nge share tentang permainan yang seru yang biasa dilakukan saat bulan ramadhan tiba, langsung saja.. cekidot.

  1. Ular Naga

“Ular naga panjangnya bukan kepalang

Menjalar-jalar selalu kian kemari

Umpan yang lezat, itu yang dicari

Kini dianya yang terbelakang”

 

Jika kalian membacanya lirik diatas dengan irama, masa kecil kalian luar biasaa..hehe, yakk ini dia permainan ular naga, Ular Naga adalah satu permainan berkelompok yang biasa dimainkan anak-anak
di luar rumah di waktu sore dan malam hari. Tempat bermainnya di tanah lapang atau halaman rumah yang agak luas.

ular-naga-880x345_c

Anak-anak berbaris bergandeng pegang ‘buntut’, yakni anak yang berada di belakang berbaris sambil memegang ujung baju atau pinggang anak yang di mukanya. Seorang anak yang lebih besar, atau paling besar, bermain sebagai “induk” dan berada paling depan dalam barisan. Kemudian dua anak lagi yang cukup besar bermain sebagai “gerbang”, dengan berdiri berhadapan dan saling berpegangan tangan di atas kepala. “Induk” dan “gerbang” biasanya dipilih dari anak-anak yang tangkas berbicara, karena salah satu daya tarik permainan ini adalah dalam dialog yang mereka lakukan.

Barisan akan bergerak melingkar kian kemari, sebagai Ular Naga yang berjalan-jalan dan terutama mengitari “gerbang” yang berdiri di tengah-tengah halaman, sambil menyanyikan lagu. Pada saat-saat tertentu sesuai dengan lagu, Ular Naga akan berjalan melewati “gerbang”. Pada saat terakhir, ketika lagu habis, seorang anak yang berjalan paling belakang akan ‘ditangkap’ oleh “gerbang”.

Setelah itu, si “induk”  dengan semua anggota barisan berderet di belakangnya akan berdialog dan berbantah-bantahan dengan kedua “gerbang” perihal anak yang ditangkap. Seringkali perbantahan ini berlangsung seru dan lucu, sehingga anak-anak ini saling tertawa. Sampai pada akhirnya, si anak yang tertangkap disuruh memilih di antara dua pilihan, dan berdasarkan pilihannya, ditempatkan di belakang salah satu “gerbang”.

 

  1. Petasan dan Kembang Api

kembang-api

Sedikit rawan sih, cuma seruu gan..hehehe. Saat bulan Ramadhan banyak para penjualan yang menjual petasan laris manis, beragam macam petasan yang dijual dari petasan roket sampe petasan pop. Biasanya ni setelah selesai shalat tarawih anak-anak berkumpul untuk main petasan dan kadang ada juga yang ngisenging anak gadis yang lewat. Tapi sekarang penjualan petasan sudah agak diperketat karena banyak korban terutama  anak-anak kecil yang main petasan tanpa pengawasan orang tuanya, jadi demi keselamatan nusa dan bangsa..ehh, demi keselamatan bersama maksudnya gan. Maka dari itu buat para orang tua harus lebih memperhatikan anaknya, apalagi yang masih dibawah umur 10 tahun main petasan.

 

  1. Monopoly

the_drivers_way

Ini adalah permainan seru yang menyita banyak waktu kita, dan secara tidak langsung permainan ini mengajarkan kita berbisnis serta menyusun strategi. Dan hanya di bulan ramadhan permainan ini populer di daerah saya. Yaa.. Monopoli adalah salah satu permainan papan yang paling terkenal di dunia. Tujuan permainan ini adalah untuk menguasai semua petak di atas papan melalui pembelian, penyewaan dan pertukaran property dalam sistem ekonomi yang disederhanakan. Setiap pemain melemparkan dadu secara bergiliran untuk memindahkan bidaknya, dan apabila ia mendarat di petak yang belum dimiliki oleh pemain lain, ia dapat membeli petak itu sesuai harga yang tertera. Bila petak itu sudah dibeli pemain lain, ia harus membayar pemain itu uang sewa yang jumlahnya juga sudah ditetapkan. Permainan ini standarnya dimainkan oleh 4 orang, bisa itu individu ataupun bermitra 2 lawan 2.

 

  1. Perang Sarung

unduhan

Perang sarung ini permainan pria sejati banget gan, ga ada matinya permainan ini,  ya walaupun sedikit cenderung ke tawuran tapi  perangnya juga ga beneran kok, lagian cuma pake sarung apa sakitnya coba (yahh palingan juga merah-merah tu badan sama muka). Umumnya permainan ini di mulai waktu puasa menjelang akhir, soalnya kan besoknya lebaran jadi abis tempur semalem langsung maaf maafan besoknya, dan kemudian episode selanjutnya di lanjut tahun depan, tapi ada juga yang perang nya di mulai dari awal bulan puasa, jadi makin seru, dan nanti ada sekutunya juga ama kampung lain, kaya perang beneran nihh. Hehehe,…

 

  1. Meriam Bambu

meriam-bambu

Memasuki bulan ramadhan, musim kembang api & petasan lagi. Ada yang spesifik di bulan ramadhan yaitu meriam bambu. Di era 80-90an terutama di masa sekolah dasar,biasanya untuk mengisi waktu luang liburan puasa teman teman memainkan meriam bamboo. Sesuai namanya meriam bambu ini terbuat dari bambu sekitar 3 meter yang di bobok sekat sekat ruasnya sehingga jadi mirip pipa bambu saja layaknya. Di bagian ujung bawah ruasnya tidak di bobok, hanya dibuat lubang untuk mengisi minyak & memasukkan sumbu api. Cara memainkan meriam bambu diletakkan miring sekitar 45 derajat seperti meriamlah,setelah minyak tanah dimasukkan lalu disulut. Dan efek suara ledakan mulai terdengar.