PANTAI LAMPUUK: WISATA ACEH

Keindahan laut Aceh sudah tidak diragukan lagi dengan pantai dan pasir yang putih ditambah pemandangan alam yang begitu membuat para wisatawan betah dengan spot eksotis dari laut Aceh. Pantai Lampuuk salah satu pantai yang terdapat di Aceh tepatnya di Kabupaten Aceh Besar. Pantai dengan dominasi pasir putih ini hanya berjarak 15 kilometer dari pusat Kota Banda Aceh.

Sumber: Google

Pantai Lampuuk menjadi suatu primadona wisata Aceh khususnya Aceh Besar. Tahun 2004 silam, Pantai Lampuuk menjadi sebagai tempat yang cukup parah kerusakannya akibat hantaman gelombang besar Tsunami, akibat peristiwa tersebut hampir separuh penduduk Lampuuk meninggal dalam bencana Tsunami. Kejadian tersebut membuat masyarakat sekitar trauma dan enggan untuk datang ke pantai ditambah lagi disekitaran pantai tedapat banyak sisa-sisa Tsunami sehingga pantai ditutupĀ  untuk aktivitas wisata. Setelah setahun kemudian aktivitas wisata sudah mulai normal kembali dan Pantai Lampuuk kembali ramai dikunjungi.

Sumber: Google

Wisatawan perlu mengetahui, untuk memasuki kawasan Pantai Lampuuk terdapat empat jalur masuk yang biasa dilalui diantaranya jalur Babah Satu, Babah Dua, Babah Tiga, Babah Empat. Jalur yang sering dilalui oleh wisatawan umumnya melalui Babah Satu atau Babah Dua. Sedangkan untuk Babah Tiga sering dilewati oleh Turis dikarenakan lokasi tersebut dapat digunakan untuk kegiatan surfing.

Sumber: Google

Pantai Lampuuk telah dilakukan berbagai perbaikan pasca Tsunami mulai dari fasilitas pariwisata seperti banana boat, tempat konservasi penyu dapat ditemukan di sekitar pantai yang menghadap langsung ke Samudera Hindia ditambah paduan pohon warung-warung pinus yang rindang di bagian bibir pantai dan bagi wisatawan yang ingin bermalaman di pantai sudah tersedia berbagai penginapan dari kelas losmen hingga cottage dengan harga yang sesuai fasilitas. Selain itu, sepanjang pantai juga tersedia warung-warung dengan berbagai jenis makanan seperti seafood, ikan bakar yang diantaranya ikan rambe, kerapu, bawal, udang, cumi dan lainnya.

(https://www.disbudpar.acehprov.go.id)

(https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/wisata-pantai-lampuuk-yang-telah-pulih-dari-trauma-tsunami)

Leave a Reply