KULINER TRADISIONAL ACEH

Berlibur ke Aceh tentunya wisatawan dari luar Aceh akan mencari makanan untuk dijadikan buah tangan untuk keluarga.  Aceh memiliki berbagai macam makanan terutama makanan khas tradisional aceh diantaranya:

  1. Kue Bhoi

Kue Bhoi sangat terkenenal di Masyarakat Aceh apalagi di musim lebaran pastinya setiap masyarakat Aceh selalu menyediakan Kue Bhoi untuk jamu lebaran. Kue Bhoi tersedia dalam berbagai bentuk seperti bentuk bunga, bintang dan ikan. Kue Bhoi dapat diperoleh diberbagai toko oleh-oleh diseluruh wilayah Aceh.

Sumber : Google

  1. Kue Timpan

Kue Timpan terbuat dari tepung terigu dan memiliki isian dengan berbagai macam varian seperti srikaya, durian, labu dna pisang. Keu Timpan dapat bertahan selama tiga hari dan kue timpan dapat diperoleh di warung-warung di Aceh dan sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh untuk keluarga.

Sumber : Google

  1. Kue Ade Meureudu

Kue dengan bahan utama tepung terigu dan singkong memiliki rasa yang sangat gurih dari aroma bawang goreng sehingga tidak salah kue ini dijadikan sebagai kue khas daerah Aceh. Wisatawan yang berkunjung ke Aceh dan ingin merasakan kue Ade meureudu bisa mengunjungi langsung di Sentra oleh-oleh di Jalan Banda Aceh-Lhoknga, Kecamatan Lhoknga , Kabupaten Aceh Besar.

Sumber : Google

  1. Kembang Loyang

Kue yang memiki bentuk seperti bunga merupakan suatu cemilan yang memiliki tekstur renyah, gurih dan manis sehingga kue cemilan ini sangat popular dikalangan masyarakat Aceh apalagi di suasana lebaran. Kue Loyang tersedia di toko oleh-oleh yang terdapat di Aceh.

Sumber : Google

  1. Bakpia Aceh

Kue Bakbia tidak hanya dikenal sebagai jajanan diluar daerah Aceh saja tetapi Kue Bakpia juga terdapat di Aceh dengan rasa yang tidak kalah enak. Kue Bakpia berlokasi di kawasan pantai kasih, Sabang. Setiap wisatawan yang ingin merasakan lezatnya Kue Bakpia dapat mengunjungi langsung di toko-toko kue yang terdapat di kawasan Aceh.

Sumber : Google

  1. Kue Keukarah

Kue khas aceh ini memiliki rasa yang renyah dan manis dan memiliki bentuk mirip seperti sarang burung. Kue yang terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan gula pasir paling enak dicicipi dengan secangkir kopi hangat di sore hari. Wisatawan dapat menemukan kue keukarah diberbagai toko oleh-oleh Aceh dengan harga yang sangat terjangkau.

 

(https://www.idntimes.com/food/dining-guide/fransisca-stefanie-chandra/jangan-lupa-bawa-7-oleh-oleh-khas-aceh-ini-kalau-berlibur-ke-sana-c1c2-1/full)

Leave a Reply